Jumat, 03 Februari 2012

PROBLEM UTAMA PADA BURUNG MURAI BATU

Oleh:  Raja Murai dan Rossi Yusuf 


WAJIB DIBACA UNTUK PARA MB MANIA !


PROBLEM UTAMA BURUNG MURAI BATU
1. Ngebatman, mbalon ketika diadu.
2. Ekor patah dan tidak tumbuh.
3. Mabung tidak tuntas.
4. Gampang mabung/rontok.
5. Nyekukruk tidak semangat
6. Tidak mau nagen atau nampil di lomba.
7. Turun tangkringan dan gelisah.

1. Ngebatman atau mbalon ketika diadu:
    Pertanda burung drop secara mental. Pemulihan perlu waktu lama dengan cara dikarantina dan bebas dari suara murai batu lain. Lama karantina kadang perlu sampai masa datangnya mabung lagi. Namun bisa saja lebih cepat dengan cara berikan jangkrik sebanyak burungnya mau. Bisa bahkan sampai 10 ekor kalau masih mau diberikan saja. Untuk obat-obatan tidak perlu, tetapi bisa diberikan vitamin untuk terapi multivitamin dan mineral standar.

2. Ekor patah dan tidak tumbuh
    Pastikan bahwa bulu patahan di bagian yang menancap di pantat dicabut secara perlahan dan bisa keluar sampai ke batang bawah. Jika pori-pori tertutup, usap-usap dengan air hangat dan coba bagian itu dibuka dengan bantuan jarum yang disterilkan (dibakar atau diusap alkohol). Bersihkan dengan air hangat, keringkan. Untuk mempercepat tumbuh bulu, berikan terapi dengan BirdMolt. ( bisa dibeli di om duto bird vit ) atau hunting ke pasar khusus burung didaerah tempat tinggal anda .

3. Mabung tidak tuntas:
    Pertumbuhan bulu baru lambat sehingga tidak bisa mendesak bulu lama. Burung perlu energi tinggi untuk mabung, tetapi bukan dalam bentuk karbohidrat. Penambahan pakan masa mabung yang hanya berupa karbohidrat, hanya membuat burung gemuk tetapi bulu tidak juga tumbuh. Untuk masa pertumbuhan bulu ini diperlukan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Sumber mentionin dan sistin bisa diperoleh pada BirdVit dan BirdMolt.( bisa dibeli di om duto bird vit ) atau hunting ke pasar khusus burung didaerah tempat tinggal anda .

4. Gampang mabung/rontok:
     Penyebabnya antara lain (1) Makanan mengandung lemak dan/atau kalori tinggi sehingga membuka pori-pori kulit; (2) Bulu belum kuat sudah banyak diadu/ditrek; (3) Selama masa mabung tidak mendapat asupan nutrisi yang baik, terutama mineral. Untuk masalah asupan mineral, bisa gunakan Bird Mineral selama masa mabung atau pasca mabung (ketika mulai terlihat tanda rontok padahal baru saja tuntas mabung). (vitamin bisa dibeli di om duto bird vit ) atau hunting ke pasar khusus burung didaerah tempat tinggal anda .

5. Nyekukruk tidak semangat,
     Biasanya dikarenakan cacingan. Atasi dengan AscariStop.( obat bisa dibeli di om duto bird vit ) atau hunting ke pasar khusus burung didaerah tempat tinggal anda .

6. Tidak mau nagen atau nampil di lomba:
     Penyebabnya adakah adanya gangguan parasit, terutama air sac mite, yakni tungau kantung udara yang kasat mata. Burung sepertinya tidak kutuan, tetapi sesungguhnya membawa tungau di kantung udaranya. Hal ini menyebabkan burung selalu gelisah dan tidak bisa nampil maksimal di arena lomba. Bisa diatasi dengan penyemnprotan Fresh Aves dibarengi pengolesan BirdFresh. ( obat bisa dibeli di om duto bird vit ) atau hunting ke pasar khusus burung didaerah tempat tinggal anda .

Tidak nagen bisa juga karena kekurangan tenaga. Coba berikan BirdPower sebelum ditampilkan di latbenaran atau lomba. ( obat bisa dibeli di om duto bird vit ) atau hunting ke pasar khusus burung didaerah tempat tinggal anda .

7. Turun tangkringan dan gelisah: Biasanya disebabkan burung masih terlalu muda dan bisa juga burung tidak fit. Pastikan rawatan harian yang bagus dan bisa gunakan produk rawatan harian vitamin khusus murai.

Semoga bermanfaat ..

Salam MB AFO

( Copyright omkicau )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar