Jumat, 03 Februari 2012

Pola Perawatan Murai Batu pada masa MABUNG

Oleh Raja Murai 

 
Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak. Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu.

Dampak dari ini adalah ketidakseimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

RAWATAN MURAI BATU SAAT MABUNG:

1. Kondisikan murai batu dalam suasana yang tenang, sementara jauhkan dulu dari suara suara bising terutama knalpot kendaraan bermotor dan suara mesin yang keras.

2. Krodong bisa di gunakan jika kita tidak memiliki tempat khusus, namun jika kita memiliki ruangan khusus dalam rumah yang sepi dari gangguan maka krodong boleh di gunakan setengah dan full saat malam saja.

3. Jaga kebersihan kurung, pakan dan minum serta kebersihan EF yang digunakan.

4. Hindari angin kencang, cuaca dingin, panas berlebih serta udara yang pengap dengan mengatur penggantangan dan penempatan burung.

5. Cukupi kebutuhan nutrisi dengan memperbanyak EF (jangkrik, belalang, Kroto dsb) pemberian konstan namun tidak berlebihan

6. Mandi dan jemur tetap dilakukan (mandi seminggu 1 sampai 2 kali saja) jangan dipaksakan biar burung mandi sendiri, penjemuran tiap hari tetap di lakukan namun intensitasnya dikurangi cukup jemur saat matahari pagi saja sekitar pkl. 6.30 - 7.30 dengan lama penjemuran 5 menit

7. Mandi beruguna untuk membersihkan kotoran yang ada pada bulu terutama sisa sisa zat lilin yang masih melekat sedangkan penjemuran untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin D dan uga menghindari parasit yang biasanya menempel pada bulu burung.

8. Gunakan satu tangkringan saja agar burung tidak terlalu aktif bergerak

9. Bersihkan kurung dan ganti pakan dan minum setiap hari saat pagi hari sebelum penjemuran

10. Saat mabung adalah saat yang baik untuk memaster murai batu dengan suara burung lain dengan tetap mengatur penempatannya agar tidak saling lihat dulu.

11. Proses multing dari mulai rontok bulu pertama sampai tuntas pergantian bulu baru biasanya sekitar 3 bulan dengan tambahan waktu 1 sampai 2 bulan untuk proses pengeringan bulu baru.

YANG PERLU DIHINDARI SAAT PROSES MABUNG BERLANGSUNG:

1. Jangan pernah iseng menangkap murai batu saat proses mabung belum tuntas

2. Hindari menggantung di bawah asbes/seng yang bisa menghantarkan panas berlebih

3. Jauhkan dari hembusan angin terutama angin malam

4. Mengurangi EF sangat tidak di anjurkan dan mengkonsumsi vitamin berlebih juga kurang baik

5. Menumpuk kotoran dan selalu di krodong juga kurang baik, sesekali krodong di buka 1/4 bagian agar sirkulasi udara tetap terjaga namun murai batu tetap tenang

6. Jangan pernah iseng untuk memancing murai batu yang masih proses mabung untuk fight dengan murai batu lain

7. Jangan pernah memandikan burung dengan cara di semprot jika kita tidak pandai menggunakan dan mengatur cara penyemprotan yang benar. Kalaupun harus di semprot gunakan semprotan dengan cara di embunkan saja.

Demikian sedikit proses penanganan untuk murai batu saat dalam proses pergantian bulu (mabung/moulting) yang paling utama untuk dijaga adalah usahakan murai batu saat mabung dalam kondisi tenang, nyaman, kecukupan nutrisi dan proses pembelajaran dengan cara perbanyak materi masteran yang pas dengan karakter suara murai batu itu sendiri.***

Lakukan pemasteran:

Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Selamat mencoba ..

( Copyright Omkicau )

3 komentar:

  1. bapak yang baik hati saya mohon pencerahannya, saya punya mb medan gacor mental ok cuman skrg lg dorong ekor dikit lagi paling beberapa cm lg, saya iseng tangkap tuh mb saya cuman pengen ngukur ekornya, eh pas disimpen ke sangkar lagi kok jadi stress burungnya jd giras dan gak mau bunyi. saya coba baca di blog pak andri katanya klo blum beres mabung jgn di pegang, gimana solusinya pak supaya mb saya normal kembali, saya juga jadi ikut stress ini. mohon pencerahannya pak, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  2. Saya yg baca jg jd ikut sres ni mas tatang,, gmn kondisi murainya sekarang?
    Bisa pulih normal lg gak?

    BalasHapus
  3. Pengganti jangkrik hidup serta serangga hidup lainnya untuk murai batu mabung. Praktis,lebih higienis,telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti disukai murai batu

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti jangkrik hidup serta serangga hidup lainnya untuk murai batu mabung

    BalasHapus