Senin, 06 Februari 2012

BEBERAPA VERSI/CARA SETIAP ORANG AGAR MURAI BATU BAKALAN YANG BELUM MAKAN VOOR BISA CEPAT MAKAN VOOR...


Oleh : Prince Ofshama





BAGAIMANA CARA KITA AGAR MURAI BATU BAKALAN YANG BELUM MAKAN VOOR BISA CEPAT MAKAN VOOR...?

* Zoksenk Dyspeptic : Kroto di campur pur malau,rutin stiap hari.

* Gaplek Nu Aing : Kalo ane kroto kasih minyak ikan biar nafsu makan baru sehari kemudian campur voer dikit maap kalo salah maklum pemula.

* Gilang Baiza : klo aku vor skm yg lembut ma kroto om jgn ksh jgkrk dulu n klo bisa krodong fuel biar ga stres.pake krodong yg transparan om biar mb nya bsa nyesuai"in ma tmpt barunya n jgn lupa dktin ma master bird yang kecil2 supaya mntalnya cpt pulih kembali!

* Mat Pelor : kalau pengalaman saya, sy tidak langsung mencampur kroto dengan pur,biasanya kroto murni sampai MB mulai agak tenang dan tidak terlalu stres,maklum dari alam bebas langsung ditangkap dan ditaruh dikandang,setelah MB mulai tenang baru sy berikan kroto dg diaduk pur halus dengan perbandingan kroto 80%-pur 20%,dan seterusnya kita kurangi krotonya menjadi kroto 60%-pur 40% sampai seterusnya,sampai MB makan pur 100% itu pengalaman sy memelihara MB dari belum makan pur hingga makan pur (maaf kalau salah,masih pemula).

* Adin Annurudin : kalo lg susah nyari kroto, ane biasa pake ulat kandang/ulat balap yg dicampur sma voer'y. Cepuk'y yg besar biar ga pada kabur ulat kandang'y.

* Salam Kicau Slalu : klo sy,voer malau halus + kroto dgn ctatan vor tetep kering dan kroto dibasahin.,3 hr kmudian pake voer yg agak kasar + kroto.+madu..

* Budi Purnama Bdg : nambahin yang di atas, airnya dikasih vitamin yang mendorong nafsu makan murai/menambah kesegaran tubuhnya karena stress yang berlebihan.

* Masaic Boim Bobairow : Para pemikat memberi pakan MB selama di hutan hanyadengan UH. Jadi saya pribadi menggunakan UH. UH yang saya gunakan dimutilasi dulu menjadi 2 atau 3 bagian. Untuk hari pertama kira2 15/15 lalu diturunkan sedikit demi sedikit setiap harinya . Pemberiannya tidak di campur, tapi hanya ditaburkan di atas pur. Tujuannya agar MB tidak ragu2 menyantap UH. Toh si purnya tetap ikut termakan juga. (pendapat pribadi lho..).

* Jun Neresutarlan : kroto dicampur malau perbandinga 50% kroto 50% malau di wadah cepuk besar taro dbwh, dalam 1 bln alhmdlh murai dah ngepur tp pur malau tu pengalaman sy.

* Andra Backbone : pengalaman sy prtama kali pny mb mh ,hmpir 3 bln itu brng br mkn voer itupun ga dsngja wkt itu sy cari kroto g ad sm skli akhirnya sy pasrah aj tetapi ternyata d blik usaha sy nyari kroto wlpn g brhsil ad hkmahnya ,setelah shrian plng krj sy bk krdong lgsng kget cmpur sneng trnyt mb ud mkn voer, he..he...

* Murphy Muray Pinggiran : MB MH yg blom ngevoer/baru di tangkap dri hutan,itu pasti mengalami stress yg cukup tinggi,,,taro di tempat yg tnang,,,jgan terlalu banyk lalulalang orang,,, berikan mix voer halus/EF kroto sesuai yg di bilang om mat pelor,,80%kroto-20%voer halus,,,bertahap sampai 80%voer halus dan 20%kroto,Di gantung kalo bisa jgan di tmpat yg bergoyang,,sperti nempel ke tembok,,asalkan bebas dr predator dan semut,,kegunaan nya agar MB MH tsb merasa lebih aman dan nyaman,,,tidak goyang2,,,minuman tetep di campurkan dengan vitamin penambah nafsu makan yg ada di kios2 burung,,,kalo ingin memakai UH,,kalo bisa UH tsb sbelum nya di berikan voer yg akan kita kasih ke MB,,tujuannya agar MB terbiasa dengan aroma voer yg kita berikan ke UH,,, ini pengalaman sya,,,alhamdulillah MB MH makan voer dan berumur panjang,,asalkan bukan MB MH pancingan,,,,,smoga ini bermanfaat buat kita semua,,,,mohon maaf kalo ada yg kurang,,,,maklum sya juga pemula,,,

* Khaylila Semar Bodroyono : Saya sependapat dg om Jun neresutarlan,,tp saya ga pakai malau,,saya pakai voer ******* yg saya tumbuk sendiri sampai halus, kira2 satu bulan lebih dikit mb dah mau makan voer total,(dah ga di campur kroto lagi,voer yg sama ga di tumbuk lg).

* Wah Yudi : Kalau saya biasa pakai voer malau + kroto di tumbuk (jangan sampai halus) sampai krotonya menyatu dgn voer,taburi sedikit kroto diatasnya(diganti tiap hari)untuk minumnya saya campur vit B Compleks untuk anak2 cukup 2-3 tetes tiap hari diganti yg baru(pengalaman kalau tdk dikasih vit minggu pertama aja lahap makannya,minggu berikutnya,MB sdh tdk mau makan dan akhirnya mati) untuk antisipasi saya jg berikan jangkrik 1 p/s yg sdh disuntik Super N (karena biasanya MB MH rawan penyakit)biasanya paling lama 2 minggu MB sdh mau makan voer,bahkan pernah jg ada yg blm genap 1 mgg sdh ngevoer Catatan: burung harus ditaruh di tempat yg tenang/sepi atau di kerodong.

* Syahriel Don Bounce : Just share aja,,,Pernah beli MB kata si pedagang sih uda makan voer,tawnyaa selama seminggu d liat" kotorannya cm kotoran EF doank,,,Satu waktu pas lg lebaaran ceritanya kan pasti pada mudik tuh,sbg pencegahan takut burung² d rmh pada mati,makanan sma minuman d fullin smua...stelah d tinggal mudik 2 haari,harapan saya pgn MB Ɣƍ blm makan voer itu bisa hidup itu sgt kecil,tp walhasil pas pulang² saya masii bisa dgr kretekan dr bawah,dan ajaibnya lg saya liat kotoran full kotoran voer smua scara 2 hari ƍäª dikasii EF sma sekali...MUNGKIN menurut saya,faktor tempat Ɣƍ sangat² tenang jg bisa jadi salah satu faktor biar tu MB cepet makan voer jg,,, #terbukti dr MB saya Ɣƍ tanpa EF tanpa krodong bisa makan voer dlm 2 hari dgn catatan pakai rawatan biasa slma sminggu...#kondisi tempat slma 2hari itu bener" sepi dan ƍäª ada lalu lalang org (dlm kondisi d rmh ƍäª ada spa" slma 2 hari itu)Maaf klo ada Ɣƍ tidaberkenan dgn pengalaman saya,,, :D#just share *Indahnya berbagi.

* Erka Setiyawan : Kalo saya kroto campur pur halus setiap 1 minggu perlahan kroto di kurangi dikit demi sedikit kemudian purnya di perbanya.jangan lupa mandikan mb 2 kali snhari.

* Hikzam Do : kata kuncinya SABAR...

* Adi Pray : Sharing... aza, Murai Batu Bahan Blom Ngepoer.. Kerodong terus, Makanan : Malau Mix Kroto plus UH... Jangkrik diberi tapi Pala sama Kaki yg bergrigi dicabut (Min> 3 ekor P/S).. Minuman Tetraklor atau Vit.. Seminggu 2 X... Insya Allah... Ajiib. Pengalaman Ane beli PB Pramuka kemarin Hidup... Terus dah terjual... Om. >>> Pish Ah



*******INDAHNYA BERBAGI AN
TAR SESAMA SAUDARA*******
******SALAM MBA AFO******

3 komentar:

  1. Salam Kicau Mania...

    Klo ane sama aje dagh ma yg lain...bedanya ane cm ksh Air Ber'energi hasil treatment dari Biodisc yg mampu menyembuhkan mahluk hidup dari Manusia, Tumbuhan smp Burung kesayangan kita...ksh pur halus yg ijo biar pencernaannya adem...krna burung bahan biasanya rentan sakit pencernaannya...kroto jg kudu seger jgn yg udah bau busuk/basi...hasilnya SEMPURNA...!

    Salam,
    prio.jatmiko@gmail.com

    BalasHapus
  2. gan numpang tanya voer malau itu yang kayak mana y ???

    BalasHapus
  3. saya ngasih voer krotosari skm dicampur kroto,trus minumnya di kasih birdvit,dan jangkrik 4 pagi, 2 malam tanpa kepala,, bagaimana?? punya saya mb nias

    BalasHapus